Warga Indonesia di Perth bergabung dalam demonstrasi untuk mendukung Ahok

50
1241
Sekitar 500 orang Indonesia yang tinggal di Perth dan sekitarnya di Western Australia berkumpul di tepi sungai Swan pada hari Sabtu sore untuk bergabung dalam gelombang dukungan untuk gubernur Jakarta non-aktif Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama. (Courtesy of the Perth event organizer/File)


Sekitar 500 orang Indonesia yang tinggal di Perth dan sekitarnya di Western Australia berkumpul di tepi sungai Swan pada hari Sabtu sore untuk bergabung dalam gelombang dukungan untuk gubernur Jakarta non-aktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama.

Tokoh masyarakat lokal Indonesia berbicara tentang kebutuhan, sekarang lebih dari sebelumnya, untuk berdiri bersama pemimpin negara, baik Ahok dan Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

“Saya minoritas ganda – orang Cina dan Kristen – dan biasanya saya akan tetap berada di luar politik, tapi kali ini tidak. Saya merasa harus mengatakan sesuatu, dan saya memanggil mayoritas yang diam – Muslim moderat di negara ini – untuk menjadi Vokal juga, “kata penduduk Perth Daniel Ong.

Dia mengatakan bahwa meski tinggal di Perth yang relatif nyaman kehidupannya, orang-orang Indonesia yang berkumpul pada sore itu berbagi kesedihan yang sama dan keprihatinan mendalam yang dirasakan oleh sesama warga di balik halaman rumah.

Beberapa terlihat membawa spanduk bertuliskan #SaveAhok, menyerukan pelepasan Ahok dari penahanan. Ahok dijatuhi hukuman dua tahun penjara karena penodaan agama.

Melalui acara tersebut, mereka ingin mengungkapkan keinginan mereka untuk Indonesia yang damai dan menegaskan kembali komitmen mereka terhadap moto negara: “kesatuan dalam keragaman”.

Dengan mengenakan warna merah putih, orang banyak menyanyikan lagu kebangsaan dan lagu patriotik lainnya, sebelum berpose untuk kamera, video dan dengung dalam pembentukan surat-surat NKRI, singkatan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

50 comments

× You need to log in to enter the discussion
1 3 4 5