Wanita Telanjang dalam chat WhatsApp adalah Firza Husein, Dikonfirmasi oleh Polisi.

71
8818
Dipanggil: Firza Husein (kiri), seorang saksi dalam kasus dugaan pornografi yang melibatkan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shibab, menghadiri pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada hari Selasa. (Antara/Galih Pradipta)


Kepolisian Nasional mengatakan bahwa hasil dari sebuah analisis pengenalan wajah mengkonfirmasi bahwa wanita telanjang yang muncul dalam obrolan seks yang diduga melibatkan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab adalah Firza Husein.

Hery Cahyono, seorang ahli pengenalan wajah dari divisi Sistem Identifikasi Sidik Jari Otomatis (Inafis), mengatakan bahwa pihak berwenang menggunakan beberapa metode, termasuk biometrik, untuk memeriksa apakah wanita yang tampil dalam obrolan seks benar-benar adalah Firza.

Dia mengatakan polisi membandingkan gambar aktivis perempuan tersebut saat dia ditangkap karena dugaan rencana melawan pemerintah pada 4 Februari dengan foto-foto yang dicurigai dalam percakapan WhatsApp.

Hery mengatakan bahwa tim tersebut juga menggunakan metode bio-finder, di mana mereka memeriksa foto-foto telanjang Firza dalam percakapan WhatsApp dan fotonya di kartu identitasnya dan di database e-ID Kementerian Dalam Negeri.

“Sistem algoritma otomatis menunjukkan bahwa semua gambar itu cocok. Sistemnya akan menolak untuk [melaporkan kecocokan] jika gambarnya berasal dari dua orang yang berbeda, “kata Hery seperti dikutip kompas.com, Selasa.

Awal tahun ini polisi memanggil Firza untuk diinterogasi setelah screenshot dari apa yang tampaknya menjadi obrolan seru WhatsApp antara Rizieq dan Firza yang diupload ke internet.

Firza, yang merupakan koordinator yayasan Solidaritas Sahabat Cendana, yang terhubung dengan keluarga mantan presiden Soeharto, dilaporkan memiliki hubungan dengan pria yang sudah menikah, Rizieq Shihab.

“Kasus ini dibuat-buat dan memfitnah,” kata pengacara Firza Azis Yanuar.

71 comments

× You need to log in to enter the discussion
1 6 7 8