Waktu Penantian Sudah Berakhir, Atlit Cina Memecahkan Rekor Dunia

0
2903
Atlit angkat besi Cina Long Qingquan memecahkan rekor dunia 56 kg, dalam perjalanan ke mengalahkan juara bertahan Olimpiade Om Yun Chol dari Korea Utara di Rio Game, Minggu (07/08). (Reuters Photo/Stoyan Nenov)


Rio de Janeiro – Long Qingquan, atlit angkat besi Cina berhasil memecahkan 56 kg rekor dunia dalam perjalanan mengalahkan Om Yun Chol juara bertahan Olimpiade dari Korea Utara di Rio Game, Minggu (07/08).

Lebih dari 4.000 orang yang berkumpul di Riocentro bersorak sangat keras ketika Om membuat upaya terakhirnya di ‘clean and jerk’ 169 kg untuk memimpin. Sorakan yang dikeluarkan para penonton tersebut pun sangat keras bahkan melebihi kerasnya sorakan ketika Long, juara Olimpiade 2008, mengangkat 170 kg untuk mengambil medali emas.

Long menjadi atlit angkat besi pertama yang berhasil memenangkan gelar Olimpiade dalam durasi delapan tahun sejak kemenangan terakhirnya.

Long bergabung dengan Om sebagai salah satu dari tujuh orang yang telah mengangkat tiga kali berat badan mereka sendiri. Dengan total 307 kg dan berhasil melampaui rekor dunia Halil Mutlu 305 kg yang dicapai dalam Olimpiade Sydney pada tahun 2000 dan selain itu Long juga memberikan kekalahan pertama bagi Om, dimana Om belum pernah kalah lagi semenjak Korea Utara menang di London pada 2012.

Sejak menang di London Om telah berkompetisi di tujuh kompetisi utama, termasuk tiga Kejuaraan Dunia, dan memenangkan mereka semua. Long (25) setahun lebih tua dari Om (26), telah selesai di belakangnya empat kali.

“Di antara manusia ya, kami adalah yang terkuat,” tambahnya “Tapi tidak dalam kerajaan hewan – ingat bagaimana kuatnya seekor semut!”.

Om, tersenyum meskipun kalah dan mengatakan, “Disebelah saya adalah orang terkuat di dunia dan saya mengucapkan selamat kepada dia. ”

Kim Tuan Thach dari Veitnam  telah berdiri di bawah Om di podium lima kali dan diharapkan untuk mengambil medali perunggu, namun ia gagal.

Thai Kruaithong Sinphet yang masih berusia 20 tahun, berhasil mengambil tempat ketiga dengan beban 18 kg dibelakang Long.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion