Universitas Katolik Menolak untuk Menurunkan Billboard dengan Siswa Berjilbab

122
3566
Sebuah billboard Universitas Katolik Sanata Dharma yang mengiklankan pendaftaran siswa terlihat di kampus Gejayan Yogyakarta. Sebuah kelompok garis keras Muslim memaksa universitas untuk menurunkan billboard yang menggambarkan lima siswa, termasuk satu mengenakan jilbab, Kamis. (JP/Bambang Muryanto)


Yogyakarta – Universitas Katolik Dharma Sanata di Yogyakarta akan menolak untuk menurunkan billboard yang menggambarkan seorang mahasiswi mengenakan jilbab, jika Rakyat Muslim Forum (FUI) meminta kepada mereka, kata seorang pejabat, Kamis.

“Jika mereka [FUI] datang, kita tidak akan segera menurunkan billboard,” kata dosen universitas Bapa G. Budi Subanar The Jakarta Post.

Spekulasi muncul pada masalah ini setelah FUI baru-baru ini memaksa Universitas Kristen Duta Wacana untuk menurunkan billboard, yang juga terdapat seorang mahasiswi mengenakan jilbab.

“Kepemimpinan universitas mengatakan bahwa keberatan harus didasarkan pada peraturan yang ada dan disampaikan melalui saluran formal, melalui pemerintah daerah [Kabupaten Sleman], yang mengizinkan penayangan billboard ini. Ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua, “kata Budi.

Selain satu di kampus, ia mengatakan universitas juga telah memasang billboard dengan gambar yang sama di Jl. Magelang dan Jl. Urip Sumohardjo, dua jalan utama yang mengarah ke arah kampus.

“Yang satu [billboard] dalam kampus, itu seperti di dalam rumah, tidak dapat diturunkan,” kata Budi.

Dia mengatakan universitas 61 tahun mengajar siswa tanpa diskriminasi. “Sanata Dharma menerima siswa dengan beragam etnis dan agama. Kami memiliki siswa dari 33 provinsi, “tambahnya.

Secara terpisah, mahasiswa Sanata Dharma Ardiya Dewi Nurahma, yang memakai jilbab, mengatakan dia tidak pernah mengalami diskriminasi di kampus, menambahkan bahwa universitas menyediakan ruang doa bagi siswa Muslim.

“Itu tidak benar bahwa ada Kristenisasi di universitas,” kata Ardiya.

122 comments

× You need to log in to enter the discussion
1 11 12 13