Transkrip Rekaman : Jokowi Nekat Nyetop Freeport, Jatuh Dia

165
39295
Menteri ESDM Sudirman Said (kedua kanan) berbincang dengan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin (kedua kiri) (image: ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/aww/15.)

Beredarnya transkrip rekaman lengkap yang diduga pembicaraan antara Ketua DPR RI Setya Novanto dan pengusaha M. Riza Chalid ketika bertemu dengan petinggi PT Freeport Indonesia di media sosial cukup menggemparkan.

Pasalnya, dalam transkrip berupa infografis itu, salah satu petikan percakapannya mengenai kontrak Freeport yang diyakini para peserta pertemuan tak akan dihalangi oleh Presiden Joko Widodo.

“Kalau dia sampai nekat nyetop, jatuh dia,” demikian salah satu petikan dalam transkrip itu.

Menteri ESDM Sudirman Said enggan mengomentari beredarnya transkrip rekaman versi lengkap tersebut. Sudirman Said menolak memberikan keterangan apakah isi percakapan itu sesuai dengan rekaman yang dia berikan kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). “Kita hormati proses yang sedang berlangsung di MKD,” ujar Sudirman, Senin, 30 November 2015.

Se[erti diberitakan sebelumnya Sudirman Said menyerahkan transkrip pembicaraan kepada MKD DPR, namun pihak MKD mempertanyakan rekaman tersebut karena hanya berdurasi 11 menit 38 detik dari durasi pertemuan yang diduga yang berlangsung selama 2 jam.

Staf Khusus Kementerian ESDM Said Didu menolak mengomentari infografis yang beredar di media sosial ini. Ia mengaku baru mengetahui adanya infografis ini dari pemberitaan media. “Bisa saja itu ngarang seperti orang-orang ngarang tulisan di Kompasiana,” kata Said merujuk pada kumpulan blog populer milik salah satu perusahaan media.

Sementara konfirmasi dari Setya dan Riza terkait dengan beredarnya infografis tersebut belum berhasil didapat. Sebelumnya, Setya Novanto membantah telah mencatut nama Presiden dan Wakil Presiden saat bertemu pihak Freeport.

165 comments

× You need to log in to enter the discussion
1 15 16 17