Thomas Manning, Pria Pertama Yang Berhasil Cangkok Kemaluan

0
1795
Dr Dicken Ko dan Dr Curtis L, Cetrulo

Thomas Manning, 64, asal Halifax, Massachusetts menjadi pria pertama Amerika Serikat (AS) yang berhasil menjalani operasi transplantasi alat vital pria atau cangkok organ kemaluan pria.

Proses operasi yang di Rumah Sakit Umum Massachusetts pada bulan lalu berjalan hingga 15 jam. Tim dokter mengkonfirmasi bahwa organ kemaluan hasil transplantasi itu sudah pulih dengan baik.

Organ kemaluan Manning diamputasi pada tahun 2012 setelah didiagnosa mengidap penyakit kanker. Sejak bedah rekonstruksi, dia tidak menunjukkan tanda-tanda mengalami perdarahan, penolakan atau infeksi dan aliran darah tetap normal.

Dalam operasi itu, organ kemaluan milik pendonor dicangkokkan ke Manning. Tujuan dari prosedur, yang disebut transplantasi genitourinari vascularised composit allograft (GUVCA) adalah untuk merekonstruksi alat kelamin eksternal sehingga memiliki tampilan yang lebih alami, untuk mendapatkan fungsi kemih kembali dan berpotensi untuk membangun kembali fungsi seksual.

Manning saat ini sedang dalam tahap awal pemulihan, tetapi dokter mengatakan bahwa mereka “optimistis” Manning akan mendapatkan kembali fungsi organ vitalnya.

Proses transpalasi organ kemaluan ini memakan waktu yang tidak sebentar, Tim dokter melakukan riset lebih dari tiga tahun sebelum melakukan operasi ini. Dokter harus berlatih merekonstruksi pada mayat sebelum benar-benar melakukan operasi tranplantasi pada Manning.

Curtis L Cetrulo, salah satu ahli bedah yang memimpin operasi, mengatakan; “Kami berharap bahwa teknik-teknik rekonstruksi akan memungkinkan kita untuk meringankan penderitaan dan keputusasaan dari mereka yang telah mengalami cedera genitourinari yang menghancurkan dan menyedihkan.”

“Seluruh tim transplantasi telah bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa pasien kami berada pada jalur pemulihan, penerimaan donasi organ,” ujar Cetrulo.

Setelah merasa pulih, Manning memberikan pernyataan tertulis yang dikutip dari IB Times, Selasa (17/5/2016).

”Hari ini saya memulai babak baru yang penuh dengan harapan pribadi dan harapan bagi orang lain yang telah menderita luka genital, terutama untuk anggota layanan kami yang mempertaruhkan nyawa mereka dalam panggilan tugas dan menderita kerusakan serius. Keberhasilan ini bersama dengan kalian semua, ini harapan saya untuk bisa mengantarkan masa depan yang cerah pada jenis transplantasi,” tulis Manning.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion