Tembakau Ini Memabukan Seperti Ganja

0
828
Narkotika jenis ganja sintetis
Narkotika jenis ganja sintetis (image : youtube)

Saat ini telah beredar narkotika jenis baru itu yang disebut tembakau gorila. Ganja sintetis  seberat 19,6 kilogram (kg) itu berhasil diamankan petugas Kantor Utama Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta

 

Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan, ganja sintetis merupakan kasus yang mendominasi hasil pengungkapan jajarannya dalam kurun waktu dari bulan Agustus hingga November 2015.

“Dari 19 kasus narkotika yang kita ungkap, 60 persennya adalah ganja sintetis. Sedangkan barang bukti lainnya 11,8 kg sabu, 1.292 butir ekstasi, 9.000 butir happy five dan 12 butir xanax,” katanya, Selasa (14/11/2015).

Ganja sintetis yang diamankan petugas ini dikirim dari dari China melalui paket pos. Modus penyelundupannya pun beranekaragam : seperti disimpan di dalam kotak kue, disimpan di bawah lapisan meja lipat, tabung besi, koper serta kemasan teh.

“Modusnya hampir tidak mungkin terdeteksi apabila mengandalkan alat semata. Dibutuhkan insting, kejelian dan intelegensi petugas di lapangan. Namun, berkat hasil sinergisitas Bea Cukai dengan berbagai instansi, akhirnya kasus ini bisa terungkap,” ujarnya.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion