Samakan Walikota London Dengan Teroris, Politisi Italia Dikecam

0
541
Sadiq Khan (Foto: freelook)

Beppe Grillo, seorang politisi dan pelawak asal Italia, mendapat kritikan tajam akibat lawakannya yang dianggap menyamakan Wali Kota London yang baru saja terpilih, Sadiq Khan yang seorang muslim, dengan teroris. Di panggung stand-up comedy, Grillo berkelakar bertanya kepada Khan, kapan dia akan meledakkan Westminster.

Grillo yang juga pemimpin partai terbesar kedua di Italia , Five Star Movement (M5S) awalnya memuji Khan, yang berdarah Pakistan dan keturunan Bangladesh, usai memenangi pemilu yang digelar 5 Mei lalu.

Tetapi, Grillo kemudian mendapat kritikan tajam dari para pejabat partai yang berkuasa, Partai Demokrat (PD), karena berkelakar, “Sekarang saya ingin melihat dia ketika meledakkan diri di Westminster,” dikutip dari The Independent, Senin (16/5).

Roberto Giachetti, calon wali kota Roma dari Partai Demokrat, menyatakan tidak ada yang lucu dari lawakan komedian berusia 67 tahun itu. Dalam akun Twitternya, Giachetti menulis “Itu tidak membuat saya tertawa.”

Grillo, merupakan seorang komedian, aktivis politik dan blogger sebelum membentuk M5S pada 2009. Partai ini mulai dikenal saat salah satu kandidatnya, Virginia Raggi, memimpin suara dalam pemilu wali kota Roma.

Bukan kali ini saja lawakan Grillo dinilai melewati batas. Sebelumnya, dia pernah membandingkan imigran sebagai tikus. Grillo juga diketahui memiliki kapal mewah dan mobil Ferarri, meski mengkalim dirinya sebagai aktivis lingkungan.

Partai Grillo juga pernah memecat Federico Pizzarotti, wali kota Parma, karena tuduhan penyalahgunaan jabatan.

Meskipun, Grillo tidak menjadi anggota parlemen Italia, tapi partai M5S semakin mendapat dukungan. Dari sebelumnya partai ini tertinggal 20 persen suara dari partai PD pimpinan Perdana Menteri Matteo Renzi, hingga kini hanya terpaut lima persen.

Para politisi Italia berspekulasi bahwa politisi muda, Neapolitan Luigi Di Maio, yang baru berusia 29 tahun, dapat mengambil alih posisi Grillo dalam waktu dekat.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion