Rizal Ramli : Indonesia Jual Kedaulatan Demi Utang

0
321

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli kembali membuat berita. Kali ini rizal membeberkan proses bagaimana Pemerintah Indonesia bisa mendapatkan peinjaman dari luar negeri. Ternyata selama ini Indonesia bisa mendapatkan utang dengan syarat pembuatan undang-undang.

Rizal menyebutkan, demi mendapat utang, Indonesia harus menuruti keinginan dari negara atau lembaga keuangan yang memberikan pinjaman.

“Biasanya dipinjemin utang luar negeri. Tapi harus buat UU (Undang-Undang) dulu. Dulu Indonesia dipinjamkan USD500 juta, tapi syaratnya harus buat UU Migas,” paparnya di Gedung LIPI, Jakarta, Selasa (15/9/2015).

Mirisnya, UU tersebut sengaja di-setting untuk memberikan untung pada pihak asing. UU-nya sendiri, kata Rizal Ramli, memiliki pasal-pasal yang aneh bin ajaib. Salah satunya Indonesia tidak boleh menggunakan gas lebih dari 20 persen.

“Itu UU didesain oleh asing-asing. Saya ke India, itu bajaynya kok bunyinya tenang-tenang saja. Enggak keluar asap. Ternyata gasnya dari Indonesia,” imbuhnya.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion