Ribuan Ikan Mati di Pantai Ancol

1
363
Ribuan ikan yang mati terdampar di Pantai Ancol, Senin (30/11/2015). (image: Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Bankai ribuan ikan yang mati mendadak berserakan di perairan Pantai Ancol, Jakarta Utara, Senin, (30/11/2015). Ikan-ikan ini tersampu ombak dan terhampar di pinggir pantai.

Fenomena ini mendapatkan perhatian masyarakat, karena bangkai ikan tersebut menimbulkan bau yang tak sedap disekitar wilayah Pantai Ancol. Adapun jenis ikan-ikan yang mati adalah bandeng, ketang-ketang, belanak dan kakap putih.

Petugas dari Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) mengaku telah dua kali melakukan pembersihan dengan mengangkat lebih dari 5 ton ikan mati itu. Namun, ribuan ikan-ikan mati ini muncul lagi ke pantai karena tersapu ombak.

“Dua kali kami mengangkut ikan tersebut dengan mobil pickup,” ujar Kabag Binops Nal Ditpolair Polda Metro Jaya, AKBP Dramayadi.

AKBP Dramayadi menyebutkan, kemungkinan penyebab kematian ikan-ikan ini disebabkan oleh limbah. Namun untuk memastikan hal itu, diperlukan penyelidikan lebih dalam.

“Ada kemungkinan limbah karena kami menemukan adanya perbedaan warna permukaan air laut yang seharusnya coklat menjadi hijau gelap,” kata Dramayadi.

Kejadian ini juga dikeluhkan warga sekitar. Karena di sekitar pantai banyak sekali bangkai ikan. “Bau amis sepanjang pantai. Banyak sekali bangkai ikan,” kata warga bernama Nur.

Menurut Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Ditpolair Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Edi Guritno, petugas menemukan ikan mati di sepanjang Pantai Ancol mulai dari Jimbaran hingga ujung perbatasan sejak Senin dini hari.

“Kami masih menunggu hasil pemeriksaan sampel guna memastikan penyebab kematian ikan tersebut,” kata Edi.

One comment

× You need to log in to enter the discussion