Ribuan Buruh Jombang Demo Kenaikan UMK

0
96
image : rmol.co

Ribuan buruh dari berbagai perusahaan di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (18/11/2015) pagi kembali turun ke jalan.

Hingga berita ini diturunkan puluhan ribu buruh dari berbagai arah masih terus bergerak menuju Kantor Bupati Jombang untuk menuntut kenaikan Upah Minimun Kabupaten (UMK) dari Rp 1.7 Juta menjadi minimal Rp 2.1 Juta.

Konvoi ribuan buruh dari arah Kecamatan Mojoagung menuju Kota Jombang membuat arus lalu lintas dari Surabaya ke arah Jombang, macet total.

Mereka berdatangan dari berbagai arah hingga membuat polisi kelabakan mengatur lalu lintas dari kemacetan. Sebagian buruh berpencar dan melakukan sweeping ke pabrik-pabrik.

Beberapa perusahaan yang ketakutan langsung menghentikan produksi dan mengeluarkan buruhnya agar bergabung dalam aksi tersebut, sementara sebagian perusahaan yang lain memilih meliburkan seluruh karyawannya hari ini. Selain sweeping, ribuan buruh tersebut juga melakukan konvoi di jalananan.

Demikian juga dengan rombongan konvoi buruh dari Kecamatan Diwek membuat jalan raya dari nganjuk ke arah surabaya juga macet karena ruas jalan di kuasai oleh buruh.

“Kami tidak akan berhenti sebelum tuntutan kami dikabulkan. Hidup buruh, mana janji pemerintah mensejahterakan buruh,” ujar salah seorang orator.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion