Ratu Kecantikan Kanada Dilarang Masuk China

0
2276
Miss World Canada 2015, Anastasia Lin (image : wikipedia)

kontes ratu kecantikan sedunia, Miss World 2015 yang akan digelar di Sanya, Pulau Hainan, China pada 19 Desember mendatang dipastikan tidak bisa diikuti oleh Anastasia Lin, Miss World Canada 2015.

Pencekalan yang dilakukan oleh Pemerintah China itu dikarenakan Anastasia terlalu aktif mengkritik kebijakan politik China. Perempuan cantik berusia 25 tahun itu pun masuk daftar persona non-grata China.

“China tak mengizinkan persona non-grata manapun masuk ke China,” ujar seorang juru bicara Kedutaan Besar China di Ottawa, Kanada, beberapa waktu lalu.

Selama ini gadis kelahiran Hunan, China 1 January 1990 itu gencar menyuarakan kritik terkait kebijakan China soal kemerdekaan Xinjiang dan Tibet.

Pihak penyelenggara Miss World diklaim Anastasia, menyatakan tak mendiskualifikasinya. Akan tetapi, di situs Miss World sendiri foto Anastasia sudah tak terpampang sebagai Miss Canada di foto-foto kontestan Miss World.

“Pada 20 November lalu ketika saya tak mendapatkan visa saya, secara teori saya didiskualifikasi. Tapi ketika saya menelefon Miss World dan bertanya apa yang terjadi jika saya tak mendapat surat undangan, mereka tak memberi jawaban jelas. Mereka hanya bilang, ‘Anda tak didiskualifikasi, Anda hanya tak bisa pergi (ke China)’. Jika begitu apa bedanya?,” ujar Anastasia.

Bukannya sedih atas pencekalan dirinya, Anastasia justru bangga bisa berada di jajaran tokoh-tokoh lain yang menentang kebijakan China dan kemudian dipersonanongratakan seperti aktor Brad Pitt, Christian Bale, serta band ternama Oasis dan Maroon 5,

“Ketika saya dipersonanongratakan, saya harus mencari artinya di Wikipedia. Awalnya saya marah ketika tahu artinya,” imbuhnya, disitat The Guardian, Senin (30/11/2015).

“Tapi saya sadar bahwa saya tergabung dengan golongan orang-orang tampan seperti Brad Pitt dan Christian Bale. Sekarang saya sadar bahwa titel itu (persona non-grata) merupakan titel yang terhormat,” tandasnya.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion