Polisi Meningkatkan Penyelidikan terhadap Rizieq Shihab

0
4117
Dalam Penyelidikan - pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq (kiri) tiba di markas Polda Jawa Barat di Bandung, Jawa Barat, untuk menghadiri panggilan pada 12 Januari Rizieq ditanyai mengenai dugaan penghinaan tentang Pancasila, seperti dilansir Sukmawati Soekarnoputri. (Antara/Fahrul Jayadiputra)


Polisi telah menaikkan status penyelidikan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, yang diduga menghina ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila, dari penyelidikan awal menjadi penyelidikan penuh.

“Status Kasus telah ditingkatkan beberapa hari yang lalu,” kata juru bicara Polda Jawa Barat Kombes. Yusri Yunus, Kamis seperti dilansir tribunnews.com, dia pun menambahkan bahwa surat perintah penyidikan akan diterbitkan awal pekan depan.

Meskipun status kasus telah dibangkitkan, Yusri mengatakan Rizieq tidak secara otomatis akan langsung dinamakan sebagai tersangka.

“Dia harus dipertanyakan terlebih dahulu. Untuk saat ini, dia masih sebagai saksi, “tambah Yusri.

Sebelumnya, Sukmawati Soekarnoputri, putri presiden pertama Soekarno, melaporkan Rizieq ke polisi karena menghina Pancasila dalam pidato nya, video tersebut telah menjadi viral di internet.

Dalam penyelidikan awal pekan lalu, Polda Jawa Barat mempertanyakan Rizieq di markas mereka di Bandung. Setelah interogasi, pendukung FPI bentrok dengan pendukung Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), yang datang untuk mendukung penyelidikan polisi terhadap Rizieq.

Seiring bentrokan itu, pendukung FPI dilaporkan menyerang dan membakar kantor GMBI di Ciampea, Bogor, Jawa Barat. Polisi menangkap sekitar 20 pendukung FPI terlibat dalam serangan itu.

Pada hari Senin, Rizieq dan ratusan pendukung FPI menggelar unjuk rasa di depan Mabes Polri di Jakarta Selatan, menuntut pemecatan Polda Jawa Barat Kepala Inspektur. Jenderal Anton Charliyan. Kelompok itu menuduh Anton mengambil sisi dalam bentrokan itu.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion