Polisi Melarang Penggunaan Jalan Utama Jakarta pada Reli massa 2 Desember

330
2201
Waspada: Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kiri kedua) dan Komandan Militer Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo (kanan) memberikan pernyataan kepada pers setelah pertemuan di markas besar Polri di Jakarta pada Nov.21. (Antara/Muhammad Adimaja)


Jakarta – Polri akan membuat pengumuman yang melarang peserta unjuk rasa yang direncanakan diselenggarakan oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa dan Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) pada tanggal 2 Desember nanti untuk menggunakan jalan yang sudah disediakan di Jakarta untuk memastikan ketertiban umum, ucap seorang pejabat.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan bahwa melaksanakan demonstrasi adalah hak konstitusional setiap warga negara Indonesia, namun harus dilakukan dengan cara yang tidak mengganggu ketertiban umum.

“Jika pengunjuk rasa memblokir jalan-jalan dalam melaksanakan reli mereka, itu akan mengganggu aktivitas masyarakat. Hal ini juga akan menyebabkan kemacetan lalu lintas, “kata Tito di Mabes Polri, Senin.

Dia menanggapi pernyataan juru bicara GNPF-MUI Habib Rizieq, yang mengatakan bahwa pada 2 Desember pengunjuk rasa akan melaksanakan shalat Jumat di dua jalan utama ibukota, yakni Jl. MH Thamrin dan Jl. Sudirman.

Tito mengatakan jika demonstran bersikeras menggelar aksi mereka di jalan-jalan tersebut, polisi akan membubarkan mereka dan bertindak tegas kepada siapa saja yang menentang polisi. Pemrotes kekerasan akan dikenakan biaya dengan artikel 212-218 KUHP tentang serangan terhadap pejabat publik.

Tito mengatakan ia juga akan menginstruksikan kepala kepolisian di seluruh negeri untuk melarang warga dari daerah masing-masing untuk datang ke Jakarta untuk bergabung dengan reli ini.

GNPF-MUI menyatakan sebelumnya bahwa mereka akan mengadakan aksi damai pada 2 Desember untuk menyerukan penangkapan Gubernur non-aktif Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama, yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penghujatan pada 16 November kemarin.

Tito mengatakan polisi sedang bekerja untuk menyelesaikan kasus Ahok secepat mungkin sehingga ia bisa diadili.

330 comments

× You need to log in to enter the discussion
1 31 32 33