Polisi Berharap Jokowi Melaporkan Penyanyi Ahmad Dhani atas Pencemaran Nama Baik

346
4446
Musisi Ahmad Dhani dan istrinya Mulan Jameela mengambil bagian dalam reli 4 November. Ketika memberikan pidato, Dhani dilaporkan menghina Presiden Joko "Jokowi" Widodo. (Tempo.com/Indri Maulidar)


Jakarta – Juru bicara Polda Metro Jaya Kombes. Awi Setiyono mengatakan pada hari Selasa bahwa Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan perlu secara pribadi melaporkan musisi Ahmad Dhani ke polisi atas  dugaan pencemaran nama baik dalam pidato selama reli massa pada hari Jumat kemarin.

“Kasus ini dapat dikategorikan sebagai kejahatan dengan keluhan di mana korban harus melaporkan kasus ini secara pribadi. Menurut hukum, adalah korban akan diselidiki dalam kasus ini, bukan pihak lain,” kata Awi pada hari Selasa di kantor Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, kelompok pendukung Jokowi “Projo” (Pro Jokowi) dan Laskar Rakyat Jokowi (Pasukan Rakyat untuk Jokowi) melaporkan Dhani ke Polda Metro Jaya atas tuduhan pencemaran nama baik.

Awi menjelaskan bahwa untuk jenis keluhan seperti ini, kasus bisa diselesaikan jika korban memutuskan untuk memaafkan orang dilaporkan. Oleh karena itu, polisi perlu menunggu korban untuk melaporkan kasus ini sendiri, Awi menambahkan.

Sementara itu, pada hari Selasa, Jokowi memerintahkan polisi untuk menyelidiki dugaan penghinaan.

“Saya telah berbicara tentang pidato kebencian dan menghina simbol negara, ini harus ditindaklanjuti [oleh polisi],” kata Jokowi seperti dilansir tribunnews.com.

Mahkamah Konstitusi telah membatalkan pasal-pasal penghinaan terhadap Presiden dalam KUHP, mengatakan bahwa Presiden dan warga lainnya yang sama di depan hukum.

346 comments

× You need to log in to enter the discussion
1 33 34 35