Pemkot Depok Stop Izin Mini Market Baru

0
203

Semakin merebaknya minimarket baru sampai ke daerah pemukiman warga membuat Pemerintah Kota Depok mengeluarkan peraturan untuk menghentikan sementara pemberian izin usaha minimarket melalui  intruksi Wali Kota Depok Nomor 1 tahun 2016.

Peraturan tersebut betujuan untuk menghindari persaingan usaha yang tidak sehat terutama kepada para pemilik warung-warung kecil yang sebelumnya telah berdiri terlebih dahulu di daerah pemukiman warga.

Instruksi ditujukan kepada Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Depok, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok, serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Depok.

Isinya bahwa Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Depok agar tidak mengeluarkan izin usaha toko modern khususnya mini market.

Bagi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan agar tidak mengeluarkan rekomendasi dalam rangka melengkapi salah satu persyaratan dalam pengajuan izin usaha toko modern khususnya terhadap mini market sesuai ayat 4.

“Segera melakukan kajian mendalam terhadap keberadaan mini market yang tersebar di kota Depok sebagai bahan kebijakan lebih lanjut,” kata Idris dalam surat Instruksi Wali Kota Depok, Senin (11/7/2016).

Kepala Satpol PP juga diminta untuk melakukan penertiban kepada mini market yang tidak berizin. Dalam pelaksanaannya juga berkoordinasi dengan dinas terkait. Peraturan ini mulai berlaku sejak 30 Juni 2016.

“Terhadap pengajuan izin mini market yang sudah diajukan agar ditunda proses penyelesaiannya dengan mengembalikan berkas pada pemohon sampai ada pemberitahuan lebih lanjut,” tutur Idris.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion