Pemimpin KPK Bertemu dengan Petinggi Polisi setelah Tuduhan Eksplosif dari Novel

23
3059
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan (di kursi roda) menyapa wartawan di sebuah rumah sakit di Jakarta Utara pada tanggal 11 April 2017. (Antara/Aprillio Akbar)


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan pimpinan Polri akan mengadakan pertemuan minggu depan untuk membahas penyelidikan terakhir terhadap serangan air keras terhadap penyidik ​​KPK Novel Baswedan.

“Pertemuan akan diadakan pada hari Senin atau Selasa di KPK atau di markas besar Polri,” kata wakil ketua KPK Laode Muhammad Syarif kepada wartawan, Kamis.

Pertemuan yang direncanakan tersebut menyusul sebuah tuduhan meletus oleh Novel bahwa seorang perwira polisi berpangkat tinggi terlibat dalam merencanakan serangan terhadapnya.

Sudah lebih dari dua bulan setelah orang-orang tak dikenal melemparkan air keras ke wajah Novel, melukai wajah dan matanya, namun polisi belum menyebutkan satu pun tersangka dalam kasus tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah TIME, Novel mengklaim bahwa dia telah menerima informasi bahwa “seorang jenderal polisi – seorang pejabat polisi tingkat tinggi – terlibat” dalam serangan terhadapnya.

Novel saat ini menjalani perawatan di mata kirinya di Singapura.

KPK dan polisi terlibat dalam serangkaian konflik di masa lalu, sebagian besar dipicu oleh tindakan untuk menjebloskan petugas polisi berpangkat tinggi karena dugaan korupsi.

Laode, bagaimanapun, menegaskan bahwa tuduhan Novel yang memberatkan tidak akan mempengaruhi hubungan kedua institusi tersebut karena pejabat tinggi kedua institusi tersebut telah secara intensif berkomunikasi, terutama berkaitan dengan penyelidikan polisi terhadap kasus Novel.

23 comments

× You need to log in to enter the discussion