Oral Seks Akan Lebih Berisiko Sebabkan Kanker Mulut Ketimbang Rokok

0
796
image : drueckert.com

Sebuah riset terbaru di London, Inggris menyatakan bahwa infeksi yang ditransfer selama aktifitas oral seks, nantinya akan menyalip rokok sebagai penyebab utama resiko terjangkitnya penyakit kanker mulut.

Pada jaman dulu merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan dan menguyah tambakau  merupakan faktor risiko utama untuk terjangkit penyakit kanker mulut.

Seperti dituturkan oleh klinik kesehatan online bernama Euroclinix seperti dilansir dari situs metro.co.uk. Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan kasus yang disebabkan oleh HPV, atau human papillomavirus.

Virus HPV saat ini mencakup 25 persen dari penyebab munculnya penyakit kanker mulut secara global dan menjadi penyebab munculnya penyakit kanker tenggorokan sebanyak 35 persen, jika dibandingkan 2/3 sebab yang dikaitkan dengan merokok.

Meskipun sulit untuk mengukur ketepatan dampaknya, karena metode pengujian yang tersedia dan faktor-faktor penunjang risiko lain yang ikut terlibat.

Sebagaimana diuraikan oleh NHS, mereka telah mendeteksi sel HPV pada pasien dengan penyakit kanker mulut tidak berarti HPV yang menyebabkan kanker.

Virus menjadi bagian dari materi genetik sel-sel kanker, memicu pertumbuhan mereka.

Namun klaim bahwa oral seks akan menyalip rokok sebagai factor utama penyebab terjadinya kanker mulut dipertanyakan beberapa pihak.

Fiona Osgun, petugas informasi kesehatan dari Cancer Research UK membantah klaim tersebut dengan argumen “Merokok dikaitkan dengan sekitar 65 persen dari penyebab munculnya kanker mulut di Inggris, sedangkan hanya 8-14 persen dari kasus yang diduga terkait dengan HPV,”

“Sekitar 90 persen dari kasus kanker mulut dapat dicegah melalui beberapa hal seperti berhenti merokok atau tetap menjalani hidup tanpa merokok, lantas memangkas jumlah alkohol yang diminum, dapat membantu Anda mengurangi timbulnya penyakit tersebut.”

Perlu diketahui, ada ratusan jenis HPV yang sebagian besar tidak menyebabkan kanker. Tetapi ada sekitar 15 jenis yang berhubungan dengan kanker.

Dan menurut data Euroclinix, jumlah pria dan wanita yang tertular HPV telah meningkat dari tahun ke tahun, sekitar 6.797 orang di Inggris pada 2011 telah didiagnosis terkena penyakit kanker mulut. Diprediksi sekitar 80% dari orang Inggris akan terinfeksi oleh pemicu timbulnya HPV pada beberapa titik dalam kehidupan mereka.

Karena HPV dapat menular melalui alat kelamin tanpa kondom, anal seks atau oral seks, plus dapat mempengaruhi kulit di sekitar ‘Mister P’ lalu mulut, dubur, rahim dan tenggorokan.

Nah, untuk membantu mencegah tertular HPV selama melakukan oral seks. NHS menyarankan sang pria untuk menggunakan kondom dan si wanita untuk menempatkan lateks persegi atau adanya bendungan gigi agar terhindar dari risiko tertular melalui alat kelamin pasangannya.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion