Negara Dengan Waktu Puasa Terpanjang Dan Terpendek

0
2606
Foto : Fredric Alm/Al Jazeera

Muslimin dan Muslimah di seluruh dunia pekan ini memasuki bulan suci Ramadan dan menjalankan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh. Perbedaan letak geografis yang berbeda, membuat lamanya berpuasa di tiap negara pun bisa berbeda.

Dikutip dari Khaleej Times, Rabu, 8/6/2016, Swedia dan Denmark merupakan negara yang mengalami waktu puasa terpanjang. Sedangkan negara yang menjalankan ibadah puasa tersingkat adalah Argentina dan Australia, di mana waktu puasanya tidak lebih dari 10 jam.

Umat Muslim di Denmark, Islandia, Swedia dan Norwegia adalah negara yang merasakan jam puasa terpanjang di dunia yaitu, 20 sampai 21 jam. Hal ini disebabkan wilayah negara tersebut sedang mengalami musim panas dan matahari terbit dalam waktu yang lebih lama.

Sedangkan di Belanda dan Belgia ibadah puasa berlangsung selama 18 jam 30 menit. Diikuti dengan 17 jam puasa di Spanyol dan 16 jam di Jerman. Sementara tahun ini, Inggris mengalami puasa terpanjang dalam 33 tahun terakhir, yaitu sekitar 16-19 jam, tergantung wilayah geografisnya.

Adapun di negara-negara Timur Tengah, Kaum Muslimin di Uni Emirat Arab waktu puasa yang ditetapkan selama 15 jam. Di Yaman dan Qatar, masyarakat harus berpuasa selama 14 jam.

Kondisi berbeda dirasakan umat Islam di Argentina dan Australia, Mereka justru menjalankan puasa dengan waktu relatif singkat. Di Australia, umat Muslim berpuasa hanya selama 10 jam. Di Argentina lamanya berpuasa dalam sehari yaitu selama 9 jam 30 menit saja.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion