Namanya Disebut 66 Kali, MKD Akan Panggil Luhut

0
541
Menkopolhukam, Luhut Binsar Panjaitan (image: kompas.com/Danu Kusworo)

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR berencana untuk memanggil Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan dalam persidangan etik di MKD.

Akbar menjelaskan alasan pemanggilan mantan kepala staf khusus Presiden Jokowi itu sangat sering disebut dalam rekaman percakapan antara Ketua DPR Setya Novanto, Riza Chalid dan Dirut PT Freeport Maroef Sjamsoeddin yang menjadi bukti laporan Menteri ESDM Sudirman Said ke MKD.

Akbar menambahkan, pemanggilan itu untuk mengetahui peran Luhut sampai-sampai namanya sering disebut dalam perbincangan perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia.

“Salah satu yang akan dipanggil Pak Luhut Binsar. Kenapa penting, karena 66 kali disebut namanya. Kita ingin dalami apa perannya. Karena alur percakapan rekaman itu seakan SN dan RC beri jaminan ke beliau (Luhut). Kita ingin tahu itu,” ungkap Akbar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (2/12/2015).

Akbar pun juga meminta sidang MKD mendengar seluruh alat bukti rekaman secara utuh pada malam ini.

“Karena laporan maka dengar bersama, jangan-jangan rekaman itu berbeda dengan tanskrip. Kalau ditunda putar maka akan melebar persepsi publik tentang ini. Besok kita tinggal bilang Maroef, kita sudah dengar,” kata Akbar.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion