Meskipun Dikritik, Kostum Olimpiade Indonesia Menarik Perhatian Dunia

73
6257


Brasil – Tim Olimpiade Indonesia ini membuat dunia tercengang akan kostum yang dipakai oleh atlit-alit Indonesia di upacara Olimpiade Jumat kemarin.

Beberapa pemimpin parade mengenakan kebaya Bali, dengan corak emas tradisional kostum Lampung dan seperti kostum tradisional Papua. Sisa dari tim Indonesia mengenakan blazer putih yang dihiasi dengan batik Garuda besar di depan, dengan aksesoris tambahan udeng (topi) untuk pria dan syal untuk wanita.

Sementara  kostum tradisional Bali, Papua dan Lampung tampak anggun mendapatkan pujian dari penonton global, namunn blazer putih dengan motif batik yang sangat besar ini tidak populer di Indonesia, terutama di media sosial.

Dirancang oleh Prima Suci Ariani, yang lebih suka dianggap sebagai pecinta budaya dan batik karena dia bukan dari latar belakang desain, seragam tim Indonesia telah berada “diserang” sejak diresmikan pada bulan Juli. Banyak yang mempertanyakan mengapa komite Olimpiade Indonesia tidak memilih untuk memakai desainer profesional dan bukan malah menunjuk tokoh non-desainer untuk membuat tim seragam bangsa untuk upacara pembukaan.

Pengguna media sosial juga membandingkan dengan beberapa Negara seperti US dimana mereka menunjuk desainer terkenal Ralph Lauren, Inggris Stella McCartney dan Kuba Christian Louboutin sedangkan Indonesia menggunakan seseorang yang tidak dikenal dalam dunia desain.

Di tengah kritik keras selama beberapa minggu terakhir, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi mencoba untuk tetap positif. “Kami bangga untuk memamerkan warisan Indonesia pada upacara pembukaan Olimpiade 2016, untuk dilihat oleh seluruh dunia,” katanya di Stadion Maracana, Brasil, Jumat.

Sementara itu, kostum tim Olimpiade Indonesia ini mendapatkan pujian dari media di seluruh dunia. USA Today menaruh peringkat Indonesia dalam ranking kedelapan dalam total 17 kostum terbaik dikenakan oleh delegasi negara pada upacara pembukaan. The Wall Street Journal Ahmed Al Omran pun mengatakan bahwa ia terkesan dengan kostum tim Indonesia.

Tim Olimpiade Indonesia bukanlah satu-satunya yang memicu kontroversi atas desain kostum nya. desain Ralph Lauren untuk tim Olimpiade AS dikritik karena ‘kemiripan sedikit bendera Rusia’. Sementara itu tim Olimpiade China yang hidup warna merah dan kuning dikatakan “terlalu mirip dengan omelette‘.

73 comments

× You need to log in to enter the discussion
1 6 7 8