Menko Polhukam : Catat dengan tebal ya, pemerintah dan presiden dengan tegas menolak perpanjangan kontrak Freeport

103
32881
Menkopolhukam, Luhut Panjaitan (image : vimeo)

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sikap Presiden Jokowi tegas menolak memberikan perpanjangan kontrak karya kepada PT Freeport Indonesia.

Hal itu disampaikan Luhut dalam konferensi pers yang digelar di kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (19/11).

“Catat dengan tebal ya, pemerintah dan presiden dengan tegas menolak perpanjangan kontrak Freeport,” tegas Luhut.

Jenderal Purnawirawan Bintang empat menegaskan, keputusan ini merupakan harga mati  yang tak bisa ditawar dan diubah lagi.

Secara tegas Luhut juga mengaku tak pernah sekalipun terlibat dan bertemu dengan petinggi PT Freeport Indonesia untuk membahas masalah perpanjangan kontrak karya. “Tidak pernah,” tegas Luhut.

Seperti diketahui, saat disingung sikap Menteri ESDM Sudirman Said tentang pelaporan itu, Luhut mengatakan bahwa menteri ESDM belum mendapatkan perintah untuk melaporkan ke permasalahan tersebut ke Majelis Kehormatan Dewan. (MKD) DPR

“Presiden mengatakan kepada saya bahwa dia tidak pernah menginstruksikan Sudirman untuk mengajukan laporan itu ke MKD, tapi beliau tahu siapa orang-orang di belakang sudirman yang mengatur plot itu,” tukas Luhut sebagaiman dikutip Harian berbahasa Inggris The Jakarta Post.

Sebelumnya, Menteri ESDM Sudirman Said mengklaim sebelum melaporkan dugaan pertemuan petinggi Freeport itu, sudah berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain itu, Sudirman kembali mengklaim baik presiden maupun wakil presiden mendukung langkahnya melaporkan kasus ini ke MKD. Karena itu, dia merasa percaya diri dan berani mengadu ke DPR.

 

103 comments

× You need to log in to enter the discussion
1 9 10 11