Mantan Sekjen NasDem Menyesal Terima Suap 200 Juta

193
620
Mantan Sekjen Partai NasDem, Patrice Rio Capella. (image : Imam Husein/Jawa Pos)

Sidang pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang menghadirkan mantan Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella terkait kasus suap terkait kasus suap di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dan Kejaksaan Agung kembali digelar.

Dalam persidangan tersebut, Rio Capella mengaku menyesal telah menerima uang suap senilai Rp200 juta dari Evy Susanti, istri Gubernur Sumatera Utara nonaktif, Gatot Pujo Nogroho.

“Iya saya salah. Saya menyesal menerima uang dari Evy. Saya merasa dilecehkan,” ujar Rio Capella di Pengadilan Tipikor, Jalan Bunggur Besar Raya, Jakarta, Senin (30/11/2015).

Setelah mendengar pengakuan Rio, Majelis Hakim Artha Theresia Silalahi berpesan agar kejadian itu dijadikan pelajaran yang paling berharga untuk Rio Capella.

“Semoga masih ada kesempatan untuk memperbaikinya lagi ya,” kata Artha Theresia.

“Iya, semoga,” timpal Rio Capella.

Patrice Rio Capella dalam kasus ini didakwa menerima uang senilai Rp200 juta dari Evy Susanti, istri Gubernur Sumatera Utara nonaktif Gatot Pujo Nogroho untuk mengamankan perkara suaminya, yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dalam perkara korupsi Dana Bantuan Sosial, Bantuan Daerah Bawahan, Bantuan Operasional Sekolah dan tunggakan Dana Bagi Hasil dan Penyertaan Modal pada sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Uang tersebut diberikan kepada Mantan Sekjen Partai NasDem tersebut melalui seorang perantara bernama Fransisca Insani Rahesti yang tak lain adalah teman kampus Rio. Namun Rio mengaku sudah mengembalikan uang senilai Rp200 juta itu kepada KPK.

Atas perbuatannya, Rio Capella dijerat Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

193 comments

× You need to log in to enter the discussion
1 18 19 20