KPPU Selidiki Lion Air Atas Penghentian Rute

0
199
Foto : bandaraid

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan menyelidiki maskapai penerbangan Lion Air jika terbukti Lion menghentikan penerbangan ke sejumlah rute tanpa alasan yang jelas. KPPU menilai hal tersebut sebagai penyalahgunaan posisi Lion Air sebagai salah satu maskapai dominan di dalam negeri.

Berdasarkan UU Anti Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, pelaku usaha yang menguasai pasar di suatu industri tidak boleh memanfaatkan posisi dominannya untuk menahan pasokan ke pasar yang bisa menyebabkan kelangkaan barang dan membuat harga menjadi naik.

Selain itu, KPPU juga mengimbau kepada Kementerian Perhubungan untuk menghapus tarif bawah tiket penerbangan. Menurut KPPU, dengan tarif rendah seolah-olah bisa mengakibatkan berkurangnya Standard Operating Procedure (SOP) di Industri penerbangan. “Dan seolah sebaliknya, tidak ada hubungan antara safety atau keamanan penerbangan dengan tarif,” kata Ketua KPPU M Syarkawi Rauf , Senin (23/5).

Justru, menurut Syarkawi, penerapan tarif bawah tiket penerbangan telah menyebabkan berkurangnya penumpang di sejumlah rute. Sebab dengan adanya tarif bawah membuat harga tiket terendah dibatasi alias tidak bisa menjadi lebih murah lagi

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion