Kalijodo harus dimodelkan Mengikuti Contoh Las Vegas, Chicago: Sandiaga

4
2147
Anak-anak senang bermain di taman Kalijodo di Jakarta Utara pada 31 Januari. (JP/PJ Leo)


Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menginginkan pengelolaan bekas red light district Kalijodo di Jakarta Utara, yang sekarang merupakan ruang publik yang terkenal, untuk mengikuti contoh dua kota AS yaitu Las Vegas dan Chicago, di mana pihak berwenang secara efektif menangani pelacuran.

“Contoh terbaik adalah Las Vegas dimana pelacuran menurun dari hari ke hari,” kata Sandiaga.

Kalijodo, sekarang merupakan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), menjadi sorotan media baru-baru ini menyusul kembalinya terjadi perubahan bangunan di sekitarnya, yang kabarnya digunakan untuk pelacuran.

Sandiaga mengatakan, Kalijodo bisa menjadi kawasan strategis untuk kegiatan ekonomi, yang akan menguntungkan masyarakat yang tinggal di sana. Ini bisa terjadi jika pemerintah kota membekali mereka dengan keterampilan dasar yang diperlukan.

Manajemen Kalijodo dapat dimodelkan setelah upaya pihak berwenang Chicago untuk menghilangkan premanisme dengan menjangkau preman dan memeluknya di perusahaan.

“Dalam perusahaan mereka diajarkan keterampilan, bakat mereka dapat digunakan untuk kemajuan perekonomian kami yang sedang berkembang ini,” katanya seperti dikutip tribunnews.com pada hari Selasa.

Sandiaga menambahkan, akar permasalahan kembalinya prostitusi dan premanisme kepada Kalijodo adalah minimnya lapangan kerja.

4 comments

× You need to log in to enter the discussion