Jusuf Kalla Siap Memberikan Keterangan Ke MKD

0
847
Wakil Presiden Jusuf Kalla
Wakil Presiden Jusuf Kalla (image : forumkeadilan)

Menanggapi masalah pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden dalam rekaman pembicaraan yang diduga antara Ketua DPR RI Setya Novanto dan Petinggi Freeport, Wakil Presidan Jusuf Kalla mengaku siap memberikan keterangan kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD)

Nama JK disebut-sebut dalam transkrip rekaman utuh yang diduga antara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto dan seorang pengusaha bernama Riza Chalid. Setidaknya nama JK disebut sebanyak tujuh kali dalam percakapan tersebut.

JK mengaku siap memberikan keterangan kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait dengan rekaman yang mencatut namanya tersebut. “Kalaupun MKD mau datang, kami siap memberikan (jawaban),” katanya setelah menghadiri acara di Hotel Borobudur, Selasa, 1 Desember 2015.

JK membantah dirinya ikut cawe-cawe dalam negoisasi perpanjangan kontrak Freeport. Karena itu, dia yakin namanya dan nama Presiden Joko Widodo hanya dicatut. “Kami tidak terlibat sama sekali,” ucapnya.

Seperti diketahui Menteri ESDM Sudirman Said telah menyerahkan transkrip rekaman pembicaraan tersebut, namun MKD menyatakan rekaman yang diserahkan Sudirman hanya berdurasi 11 menit 38 detik. MKD mempertanyakan rekaman utuh percakapan karena durasi pertemuan Setya dengan pihak Freeport mencapai dua jam.

Ketua DPR RI Setya Novanto sudah membantah mencatut nama Presiden Jokowi. Berkali-kali, ketika ditanya setelah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Novanto membantah telah mencatut. “Yang jelas saya selaku pimpinan DPR tidak pernah bawa-bawa nama Presiden atau mencatut nama Presiden,” katanya, beberapa waktu lalu.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion