Jokowi Mendesak ASEAN, AS untuk Memerangi illegal Fishing

28
1768
Salam hangat - Presiden AS Barack Obama (kedua dari kiri) dan Presiden Joko "Jokowi" Widodo berjabat tangan sebelum sesi foto di sela-sela KTT ASEAN di Vientiane, Laos, Kamis (Courtesy of Kantor Presiden/Laily Rachev).


Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah meminta negara-negara anggota ASEAN dan AS untuk meningkatkan langkah-langkah untuk melawan penangkapan ikan ilegal.

Pemberantasan “Illegal, unreported and unregulated” fishing adalah salah satu isu utama yang diangkat oleh Presiden Jokowi selama KTT ASEAN-AS di National Convention Center, Vientiane, Laos, Kamis. Presiden AS Barack Obama dan kepala negara dan pemerintah ASEAN menghadiri pertemuan tersebut.

Di puncak, Jokowi menekankan urgensi bagi semua negara untuk memerangi IUU fishing, yang tidak hanya mengancam keamanan dan kelestarian lingkungan, tetapi juga merusak kesejahteraan rakyat. Indonesia menderita US $ 20 miliar pada kerugian keuangan per tahun karena kejahatan ini, tambahnya.

“Kerja sama untuk memberantas IUU fishing harus terus dikedepankan, terutama dalam membangun kapasitas dan pertukaran informasi” kata Jokowi.

Jokowi juga mengambil kesempatan dalam pertemuan untuk mengucapkan selamat tinggal pada Obama, mengingat KTT merupakan pertemuan terakhirnya dengan para pemimpin ASEAN.

AS dijadwalkan untuk mengadakan pemilihan presiden pada 8 November, dengan Hillary Clinton dari Partai Demokrat sebagai calon presiden dan pengusaha dan celebritis Donald Trump sebagai calon presiden dari Partai Republik.

“Saya yakin bahwa Presiden Obama akan mempromosikan pentingnya kerja sama antara ASEAN dan AS,” kata Jokowi.

Presiden juga mengundang Obama untuk mengunjungi teman-teman lama di Jakarta. Presiden AS menghabiskan empat tahun masa kecilnya di ibukota Indonesia.

28 comments

× You need to log in to enter the discussion