Jakarta dikejutkan oleh Pemboman Beberapa Hari sebelum Ramadhan

1
2614
Petugas polisi menempatkan selotip di dekat sisa-sisa manusia di terminal bus Kampung Melayu di Jakarta Timur setelah sebuah bom meledak pada hari Rabu. Seorang tersangka bom bunuh diri mengguncang terminal bus yang sibuk, menewaskan tiga polisi dalam serangan teror terbaru ke Jakarta. (AFP/Bayu Ismoyo)


Beberapa jam sebelum orang-orang Jakarta menanti sebelum menikmati liburan umum memperingati hari Kebangkitan Tuhan Yesus, sebuah serangan bom kembar melanda terminal bus Kampung Melayu Transjakarta pada hari Rabu malam.

Dua tersangka pelaku bom bunuh diri meninggal seketika, kata polisi.

Sedikitnya lima polisi yang mengawal sebuah parade tradisional untuk menyambut bulan puasa Ramadhan juga menjadi korban, tiga di antaranya dilaporkan telah meninggal dunia. Sedikitnya lima warga sipil juga terluka.

Serangan teroris tersebut terjadi sementara dunia masih berkabung atas korban bom bunuh diri dari konser oleh bintang pop AS Ariana Grande di Manchester, Inggris, sehari sebelumnya.

Bus transit transjakarta yang sibuk di Jakarta Timur dan daerah sekitarnya turun ke dalam kekacauan setelah ledakan. Terminal terletak di daerah padat penduduk.

Rekamanan dan gambar adegan telah menjadi viral di media sosial. Beberapa rekaman menunjukkan orang panik, menjerit dan lari dari terminal. Gambar lainnya menggambarkan bagian tubuh yang tersebar.

Lalu lintas di sekitar tempat kejadian diblokir dan dialihkan.

Seorang petugas polisi menjaga lokasi bom di stasiun bus Kampung Melayu di Jakarta Timur. (Antara/Sigid Kurniawan)

Juru bicara Kepolisian Nasional Insp. Jenderal Setyo Wasisto mengatakan satu ledakan terjadi di tempat parkir sepeda motor.

“Kaca di koridor tujuh [bus stop], dimana penumpang turun, hancur berkeping-keping,” kata direktur Transjakarta Budi Kaliwono, menambahkan bahwa layanan Transjakarta akan terus berlanjut, namun tidak akan berhenti di Kampung Melayu.

Dia menambahkan bahwa tidak ada staf atau penumpang Transjakarta yang menjadi korban dan mendesak anggota masyarakat untuk segera melaporkan jika melihat kegiatan yang mencurigakan.

Korban korban luka dirawat di Rumah Sakit Premier dan Rumah Sakit Hermina di Jakarta Timur.

Sampai tengah malam, tidak ada klaim tanggung jawab atas serangan yang telah diterima.

Setyo mengatakan bahwa dia optimis polisi akan dapat mengidentifikasi pelaku dan kemungkinan adanya teroris segera.

“Bagian tubuh [penyerang] tetap berada di tempat kejadian. Bagian leher di atas masih utuh sehingga wajah bisa dikenali, “katanya.

Petugas Brimob Polda Metro Jaya dikerahkan ke daerah dekat terminal bus Kampung Melayu di Jakarta Timur setelah ledakan bom pada Rabu malam (Antara/Sigid Kurniawan)

Serangan tersebut diyakini mentargetkan ke polisi, menjadikannya serangan teror terbaru yang telah ditargetkan ke arah polisi dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 14 Januari 2016, Jakarta diguncang oleh beberapa ledakan, termasuk satu di pos polisi, dan tembakan di sekitar pusat perbelanjaan Sarinah di Jakarta Pusat. Sedikitnya delapan orang, termasuk empat penyerang dan empat warga sipil, terbunuh. Sebanyak 20 orang terluka, termasuk lima petugas polisi.

Setyo mengatakan, polisi telah mendeteksi kemungkinan serangan di Jakarta. “Kami belum bisa mengidentifikasi kapan atau dimana [mereka mungkin terjadi],” katanya.

Setyo mengatakan, polisi menduga pelaku serangan tersebut terkait dengan kelompok teror di balik serangan lain di negara lain, termasuk pemboman di Manchester.

#PrayForJakarta dan #KamiTidakTakut (Kami tidak takut) muncul di daftar topik tren internet di seluruh dunia segera setelah kejadian tersebut.

“Semua orang, tolong tetap aman! #PrayforJakarta, “Singer-songwriter Raisa memposting di twitternya @ Raisa6690, yang telah di-retweet oleh lebih dari 1.000 pengguna per 1 jam pada hari Kamis.

“Ucapan belasungkawa mendalam atas tindakan pengeboman di Kampung Melayu, Jakarta. Tolong jangan berbagi informasi yang tidak terverifikasi, “akun Twitter resmi Indonesia @TwitterID memposting.

One comment

× You need to log in to enter the discussion