iPhone Baru Terancam Tidak Bisa Dijual Di Indonesia

0
3272
Foto : Apple.com

Regulasi Pemerintah yang mewajibkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada ponsel 4G LTE yang di tahun 2016 ini harus mencapai angka 20 persen, membuat Produk iPhone buatan Apple terbaru tidak bisa masuk ke Indonesia.

Presiden Direktur Erajaya Group, Budiarto Halim mengatakan, Akibat Regulasi TKDN, Indonesia sudah terlewat dua siklus ponsel Apple, yaitu iPhone 6s (termasuk iPhone 6s Plus) dan iPhone SE, karena keduanya tak memiliki kandungan lokal.

Ponsel terakhir buatan Apple yang masuk secara resmi ke Indonesia adalah iPhone 6 dan iPhone 6 Plus di tahun 2015, ketika regulasi TKDN ponsel 4G belum berlaku.

“Dari Apple tidak ada komunikasi ke kami mengenai TKDN. Karena legalnya tidak ada di sini, tapi di Amerika,” kata Budiarto usai acara peluncuran iBox.co.id, Selasa (21/06).

“Kami hanya customer mereka (Apple). Kita tidak pernah diajak ikut diskusi mengenai pembicaraan mereka dengan pemerintah dan bagaimana rencana mereka terhadap pasar Indonesia seperti apa,” tambahnya.

Sampai sejauh ini apple belum menunjukan tanga untuk bermitra dengan perusahaan manufaktur lokal agar bisa memenuhi regulasi TKDN yang baru agar tetap bisa memasarkan produk mereka di Indonesia.

Apalagi di tahun 2017 mendatang tantangan untuk para vendor lebih berat, di mana setiap vendor harus memenuhi aturan TKDN sebesar 30 persen.

Dari 30 persen TKDN itu, pemerintah sampai sekarang belum memutuskan komposisi hardware dan software. Kementerian Perindustrian baru mengajukan dua opsi skema baru berupa 100 persen kandungan hardware atau 100 persen kandungan software.

There are no comments yet

Ă— You need to log in to enter the discussion