Inilah Wanita Transgender Pertama Yang Menjadi Anggota Dewan

2
1394
Geraldine Roman, Wanita Transgender pertama yang menjadi anggota dewan (Foto: CNN)

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang wanita transgender terpilih menjadi anggota kongres di Filipina. Geraldine Roman (49 tahun) nama sang anggota dewan itu.

Kandidat dari Partai Liberal itu memenangkan pertarungan di  distrik Bataan, Manila Utara dengan meraih 62 persen suara dalam Pemilu Filipina.

Roman telah hidup sebagai seorang wanita transgender selama lebih dari dua dekade.  Politikus Partai Liberal ini meraih 62 persen suara dalam Pemilu Filipina.

Untuk diketahui, perceraian, aborsi dan pernikahan sesama jenis adalah ilegal di Filipina. Hukum di negara itu juga melarang warganya mengubah nama dan jenis kelamin.

Roman telah hidup sebagai wanita sejak tahun 1994, dia lahir dari keluarga politikus di mana kedua orangtuanya merupakan mantan anggota kongres.

Anak ke empat dari pasangan Herminia B. Roman dan Antonino P. Roman ini berbicara kepada AFP, Selasa (10/5/2016) setelah kemenangannya. ”Politik kefanatikan, kebencian dan diskriminasi tidak menang, yang berjaya adalah politik cinta, menerima dan menghormati,” ucapnya.

Roman berharap untuk bisa terlibat dalam banyak masalah. Dia menangkis kritik yang memandangnya sebagai seorang politisi yang hanya tertarik pada satu masalah saja.

“Saya gembira, sangat, sangat senang. Saya juga senang untuk bekerja. Saya menyadari bahwa beban lebih besar karena stereotip orang tentang LGBT adalah kesembronoan kita, bahwa kita tidak cukup berjiwa besar untuk mengatakannya, jadi saya memiliki ini untuk membuktikan bahwa mereka salah,” ujarnya.

Sebelum kemenangan telaknya, Roman berjanji untuk mencoba membatalkan aturan tentang larangan perubahan jenis kelamin serta berjanji untuk memperjuangkan hak-hak yang sama di tempat kerja, sekolah dan kantor-kantor pemerintah.

”(Jenis Kelamin) hanya menjadi masalah ketika Anda mencoba untuk merahasiakannya. Ini ada yang buruk. Saya tidak pernah menyakiti siapa pun dalam berproses. Saya sangat senang, jadi mengapa saya harus malu?,” katanya saat kampanye.

2 comments

× You need to log in to enter the discussion