Facebook Segera Rilis Tombol Dislike

0
205

Saat seseorang memposting status mengenai sesuatu yang menyedihkan ataupun sedang mendapat musibah, beberapa orang yang menjadi teman di Facebooknya memberikan respon “like” untuk menunjukkan rasa simpatinya. Namun, seandainya dari sudut yang berbeda orang akan berpikir, apakah itu berarti Anda suka bila dirinya mendapatkan musibah atau sedang bersedih?

Tentu saja tidak demikian, namun kesan seperti itu akan sulit untuk dihindari. Hal ini terjadi karena sejak awal kemunculannya, Facebook hanya menyematkan tombol “like” saja tanpa ada pilihan lainnya, yaitu tombol “dislike”. Dan ini yang menyebabkan pengguna Facebook tidak punya cara yang lebih baik lagi selain mengklik tombol “like” atau mencari cara yang lebih tepat untuk menunjukkan ekspresinya lewat kata-kata atau meme.

Ketidak hadiran tombol “dislike” ini rupanya telah menjadi subyek pertanyaan dalam berbagai kesempatan sejak lama. Namun sekarang penantian orang-orang sepertinya akan segera berakhir ketika CEO Facebook, Mark Zuckerberg, dalam sebuah sesi tanya jawab membenarkan jika pihaknya saat ini sedang menguji tombol “dislike yang sudah dinanti-nanti ini.

“Banyak orang bertanya-tanya soal tombol dislike, dan mungkin ratusan orang sudah mengajukan pertanyaan yang sama. Hari ini adalah hari yang istimewa karena hari ini saya katakan bahwa kami sedang mengerjakannya, tak lama lagi tombol dislike akan diuji secara langsung ke Facebook.” kata Zuckerberg seperti dikutip dari CNBC.

Dalam hal ini ada beberapa faktor penyebab mengapa Facebook menunda bahkan terkesan lamban dalam merespon permintaan tersebut. Zuckerberg mengatakan jika ia dan timnya harus mempertimbangkan banyak faktor terlebih dahulu. Diantaranya adalah mengenai kekhawatiran penyalahgunaan tombol dislike oleh sebagian orang yang tidak bertanggungjawab.

Zuckerberg menegaskan ide di balik pembuatan tombol dislike bukanlah untuk menciptakan energi negatif ke komunitasnya. Bukan pula untuk menunjukkan kebencian terhadap status seseorang. Melainkan sebagai alat bagi pengguna untuk mengekspresikan empatinya kepada teman atau kerabat. Misalnya ketika seorang teman baru saja mengalami kecelakaan, diputuskan kekasih, ketika kucingnya mati atau kabar buruk lainnya.

Sayangnya untuk saat ini belum diketahui kapan tombol dislike akan dirilis ke publik.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion