Di Pulau Ini Kambing Adalah Hama

0
823
Kambing liar Great keppel island
Kambing liar Great keppel island (image : people.net.au)

Tak seperti di Indonesia yang mana kambing adalah hewan ternak yang dibudidayakan dan dijual dengan harga relative tinggi, terlebih menjelang hari raya Idul Adha. Di Great Keppel Island, sebuah pulau yang  terletak 15 kilometer dari Pantai Yeeppoon, Pesisir Capricorn, Queensland Tengah, kambing justru menjadi hama yang mengganggu halaman warga dan lingkungan sekitarnya.

Para penduduk pulau ini mendesak Pemerintah Queensland turun tangan untuk mengkontrol populasi kambing liar di pulau mereka.

Menurut staf di Dewan Konservasi Capricorn, Michael McCabe kambing-kambing itu awalnya diperkenalkan oleh para pelaut di pulau itu sebagai sumber makanan, tetapi kini pertumbuhan hewan ini menjadi tidak terkendali.

“Kami memperkirakan saat ini ada lebih dari 600 kambing di pulau ini, kambing-kambing ini menyebabkan masalah erosi yang parah. kuku mereka yang keras telah merusak tanah dan rumput dan mereka juga menghabiskan tanaman di kawasan ini,” kata McCabe.

“Jika dibiarkan saja, maka akan semakin banyak kawasan yang gundul dan tanah yang berguguran di pulau ini,” tambahnya.

Salah seorang warga yang sudah lama tinggal di Pulau Great Keppel, Brett Lorraway mengatakan kambing-kambing ini menghancurkan kebun-kebun milik warga.

“Kami tidak pernah melihat ada begitu banyak kambing di kawasan ini sebelumnya, mereka terlihat di halaman kami beberapa kali dalam sehari dan memicu banyak kerusakan,”

“Mereka juga mulai berani masuk ke rumah warga, belum lama ini bahkan ada seekor kambing yang secara tidak sengaja masuk lewat pintu belakang dan menyebabkan kerusakan parah di pintu dan juga barang-barang kami,”

“Hewan ini cukup agresif dan karenanya kami mengkhawatirkan keamanan anak-anak kecil jika berada dekat dengan kambing tersebut,’.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion