Demi Mendukung Karir Istri, Pendeta Ini Gelapkan Uang Gereja

0
316

Seorang pemimpin gereja di Singapura terpaksa harus berurusan dengan hukum karena telah menyelewengkan uang gereja senilai 23 juta poundsterling. Uang tersebut digunakan sang Pendeta untuk mendukung karir istrinya menjadi bintang musik pop global.

Dilaporkan The Guardian, Rabu (21/10/2015), Pendeta karismatik Kong Hee dan lima asistennya menghabiskan uang tersebut untuk membuat video musik mewah untuk istinya Sun Ho yang menampilkan penari dengan pakaian minim. Sun Ho sedang mencoba merambah pasar musik Amerika Serikat.

Kong dan Ho mendirikan gereja City Harvest pada 1989. Ho selama ini dikenal sebagai pendeta yang kerap bernyanyi dan merilis beberapa single. Ia juga bekerja sama dengan rapper Wyclef Jean dan muncul dalam video musiknya pada 2007.

Kong dan lima asistennya dinyatakan bersalah menyelewengkan dana 24 juta dolar Singapura (£11m) untuk membiayai karir Ho dan pindah ke Hollywood serta menggelapkan lagi dana senilai 26 juta dolar Singapura. Sementara Ho bebas dan dianggap tak terlibat.

Kong dan satu pemimpin gereja lainnya dihukum karena pelanggaran pidana kepercayaan ( breach of trust ). Empat lainnya, termasuk akuntan gereja, dihukum karena berbagai tuduhan pelanggaran pidana kepercayaan dan pemalsuan rekening. Pelanggaran pidana kepercayaan diancam hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Puluhan anggota gereja hadir dalam ruang sidang. Mereka duduk diam tertegun saat vonis dibacakan.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion