Balita Perokok Berat Ini Kerap Sakau Dipinggir Jalan

0
234

Seorang balita di Semarang, Jawa Tengah mendadak berjalan gontai ke belakang sebuah emperan toko sekitar lampu merah Jalan Gajah Raya semarang. Tak lama kemudian bocah itu tergeletak dijalanan dengan sebatang rokok terselip disela-sela jarinya.

Sebagian pengendara yang melihat kondisi itu langsung berhenti dan berniat memberikan pertolongan. selang beberapa saat tergeletak tak berdaya, balita yang diperkirakan berusia 3 – 4 tahun itu kembali sadar. Namun yang mencengangkan, hal pertama yang ditanyakan adalah sebatang rokok kepada orang-orang di sekitarnya.

Menurut keterangan warga sekitar, bocah berinisial N itu memang kerap “sakau” di lokasi tersebut, karena menjadi perokok berat. Tak mengherankan, jika dia kembali menyalakan rokok untuk memulihkan kesadarannya. Meskipun masih sangat bocah, N sangat pandai merokok layaknya cara merokok orang dewasa.

N biasanya mendapatkan rokok dari pemberian orang-orang di sekitarnya. Sebagian warga yang iba, memberikan uang untuk membeli makanan. Namun yang terjadi justru sebaliknya, uang tersebut digunakan untuk mebeli rokok. Bahkan, dia berani menolak ketika diberi makanan ringan, karena merasa tak mebutuhkannya.

“Kalau dikasi uang, ya dipakai untuk membeli rokok. Di kasi makanan menolak,” aku Aji Nata, warga di sana.

Warga menambahkan, N kerap mangkal di perempatan lampu merah atau emperan toko. Sementara orangtuanya bekerja sebagai pemulung sampah dan barang bekas. Lemahnya pengawasan orangtua menjadikan anak itu mulai terbiasa dengan kerasnya kehidupan jalanan.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion