Babi Langka Ini Sekilas Seperti Domba

0
284

Mangalitsa atau Mangalitca adalah seekor babi langka asal Hungaria. Bentuk dari hewan bermoncong panjang tersebut begitu unik, bahkan sekilas tak seperti babi pada umumnya, bentuk fisik babi langka ini sangat mirip dengan domba.

Menurut para ahli perhewanan IPB, Mangalitsa merupakan  nama untuk  satu spesis binatang, yaitu: Babi Berbulu seperti Biri-biri, atau dalam bahasa Hungaria dikenal dengan istilah Mangalica yang dikenal sebagai Hog kerinting rambut.

Babi Mangalitsa  merupakan babi jenis lain yang mempunyai bulu yang panjang, yaitu jenis “Lincolnshire Curly Coat of England”. Sebelumnya Mangalitsa diternak untuk mendapatkan lemak babi.   Mangalitsa adalah jenis  babi yang paling populer di daerah Balkan,sehingga 1950 (terdapat 30.000 babi jenis ini di Hungary pada tahun 1943).

Mangalitsa bukanlah spesies yang benar-benar baru. Ia dikembangkan di abad 19, sekitar tahun 1830, pada jaman kekaisaran Austro-Hungaria. Dari persilangan antara babi jenis Bakonyi dan Szalontai asal Hungaria dengan babi Sumadia asal Serbia. Persilangan itu menghasilkan babi yang aneh.

Jika biasanya babi tidak memiliki bulu, babi Mangalitsa ini memiliki bulu tebal seperti biri-biri. Sebagian Mangalitsa berbulu coklat kehitam-hitaman, namun ada pula yang berbulu putih. Kondisi berbulu seperti inilah yang sering mengindikasikan mangalitsa seperti biri-biri.  Pada 2006, Mangalitsa mulai diimpor ke Inggris. BBC mengakui, orang yang pertama kali melihat mereka pasti akan berpikir bahwa mereka adalah domba.

Mangalitsa kini diketahui hampir punah sejak era 1990-an lalu. Setidaknya, hanya tersisa 200 spesies hewan seperti ini di dunia.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion