Aplikasi Ini Cegah Tindakan Sewenang-wenang Polisi

0
205
image: AP Photo/John Minchillo

Untuk menghindari tindakan sewenang-wenang dari aparat kepolisian, American Civil Liberties Union (ACLU) berhasil menciptakan aplikasi berbasis Android untuk menghindari masalah tersebut. Aplikasi tersebut kini diadopsi oleh aktivis hak-hak sipil di Inggris.

Dilansir Skynews, Senin (2/11/2105), para aktivis hak-hak sipil Inggris mendapat ide dari produk yang dikembangkan di Amerika Serikat (AS) saat melakukan kunjungan ke California. Mereka menciptakan dan meluncurkan aplikasi YStop, yang diperuntukkan untuk membantu warga sipil.

Aplikasi ini diciptakan Untuk membantu gerakan kelompok ‘Black Lives Matter’ melawan kebrutalan polisi kepada mereka terkait ras. Di California, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 170.000 sejak pertama kali diluncurkan sekitar enam bulan lalu dan permintaan aplikasi versi AS ini terus meningkat pesat.

Aplikasi Android tersebut kabarnya bisa diaktifkan tanpa sepengetahuan sang polisi. Ketika dalam keadaan aktif, layar ponsel akan terlihat seperti dalam keadaan mati sehingga tidak menimbulkan kecurigaan dari polisi tersebut.

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk merekam, mengambil foto secara otomatis dan mengirimkan hasil rekaman dan foto ke server American Civil Liberties Union (ACLU) tanpa pengetahuan sang polisi. Pengguna juga bisa menghapus foto dan rekaman video yang telah dikirim ke server ACLU dengan mudah.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion