Rizal Ramli Ingatkan WC Kotor Dapat Pengaruhi Kunjungan Wisatawan

0
310
Rizal Ramli (image : tempochannel)

Toilet kotor dapat mempengaruhi jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke dalam negeri. Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli.

Menurutnya, perhatian terhadap sektor pariwisata tak hanya soal pengembangan dan membuka tempat baru, tetapi juga dalah hal – hal kecil, seperti WC.

“Banyakan bicara soal fisik pariwisata. Padahal, pariwisata banyaknya kalau cari WC bersih saja kagak ada dimanapun,” ujarnya, usai press conference tentang ‘Gerakan Budaya Bersih dan Senyum’ di Jakarta, Kamis (26/11/2015).

Rizal memaparkan, toilet yang terdapat di beberapa tempat wisata dunia sangat bersih dan nyaman. “Kita ke wilayah wisata dunia seperti Italia, Spanyol, banyak toilet bersih supaya orang nyaman. Harus dengan standar toilet kering,” katanya.

Selain itu, lanjut Rizal, pemerintah akan mengembangkan banyak tempat pariwisata lagi di luar yang sudah ramai pengunjung seperti Bali. “Kembangkan 10 wisata baru di luar Bali yang terlalu padat, sudah oversold, akan mulai bangun tahun depan siapkan badan otoritas sehingga cepat,” terangnya.

Di sisi lain, kapal asing yang akan menuju ke Tanah Air untuk berwisata akan dipermudah izinnya, misal untuk jenis yacht dan cruise.

“Permudah izin pariwisata kapal cruise dan yacht karena izinnya ribet dan terlalu lama agar banyak kapal cruise dan yacht bisa menikmati kekayaan maritim Indonesia,” pungkas Rizal.

There are no comments yet

× You need to log in to enter the discussion